Daun di Ujung Ranting

Daun itu hampir terlepas dari ujung ranting. Diantara bunga-bunga yang indah seolah-olah ia bertanya pada mereka, ” Apakah aku akan terjatuh ke Bumi dan berada di sana selamanya? ”
Dan aku tahu sekali bahwa daun itu tidak ingin menjatuhkan pilihan yang salah. Mungkin diranting itu ia merasa aman, dia merasa bagaikan tidak ada pilihan yang harus ia pilih.
Tapi tidak berlaku dengan apa yang sudah digariskan Tuhan. Ketika ia menangis dan memohon sekalipun untuk tidak terlepas dari rantingnya, Tuhan tidak akan merubah kehendakNya. Dan Tuhan berkata pada daun itu, ” Kau adalah milikKu, dan Aku tidak akan memberikan apa yang kau inginkan tapi akan Aku berikan apa yang Kau butuhkan.”

Hembusan angin yang lembut mengheningkan suasana. Kicau burung yang sendu seakan turut mengundang awan mendung yang bergelayut disetiap sudut langit. Dalam sekejap sinar matahari pun turut enggan berteman dengan keelokan birunya langit seperti pada pagi hari.
Angin lembut yang sekejap berubah menjadi angin pembawa tetesan hujan yang semakin lama menjadi semakin deras lalu membasahi pohon-pohon, bunga-bunga, dan semua ranting yang ditumbuhi daun-daun segar dan mengkilap oleh tetesan air hujan. Dan alam pun mewakili atas semua jawaban Tuhan.

Termenung sejenak atas apa yang sudah Tuhan gariskan, bahwa daun tidak selamanya bersama ranting. Ia tidak selamanya bersama-sama dalam keadaan nyaman dan aman. Ia tidak selamanya untuk menaungi ranting itu. Dan ia tidak selamanya menjadi berguna di atas sana. Tapi adakalanya menjadi  sebuah pengorbanan ketika ia gugur ke Bumi dan tempatnya akan digantikan oleh daun yang baru.

*Sampai nanti disaat ragaku sudah tidak bernyawa dan nafasku sudah tidak berhembus lagi, dan ada saat dimana aku bahagia karena telah berkorban atas apa yang menjadi tujuan hidupku.*

A.K.U

2 thoughts on “Daun di Ujung Ranting

Just comment, and I will comment you back...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s