Purnama Bertabur

gambar minta dari google

gambar minta dari google

Malam ini seperti biasa udara sangat gerah. Seperti malam-malam sebelumnya tak kurasakan lagi kecupan sang hujan menghampiri tanahku. Telah lama padiku menanti siraman kasih yang begitu sejuk, namun hingga saat ini pun hujan masih sombong bercinta dengan kami.

Di sudut balkon aku duduk sendiri. Melihat hamparan sawah yang telah kosong. Bulan ini pesta panen. Sebagian tanahnya masih tertanam batang-batang padi yang telah disemai para petani. Kali ini sawahku terlihat lain. Batang-batang padi yang tersemai nampak terang, putih, dan bersinar. Kulekatkan sekali lagi mataku kepada sawah-sawah yang lain. Ya, begitulah adanya. Sawahku bercahaya, sawah kami bercahaya: indah.

Lalu dari awan hitam munculah bias cahaya yang membiaskan pula pada batang-batang padi yang telah tersemai. Bulan purnama rupanya. Namun kurasakan betapa indahnya ia kali ini. Membuat sawahku bercahaya. Lalu dalam hati aku bersombong pada hujan. Biarlah kau masih enggan bercinta denganku, namun sawahku lebih menyukai purnama kali ini. Tidakkah kau cemburu hujan? Begitu purnama bertabur indahnya, lalu kau dimana? Seharusnya setelah ini kau datang pada kami. Setelah purnama bertabur, nyanyikanlah rintikkanmu walau hanya beberapa bait.

Dan lalu kecantikan purnama tak jua mencemburukan sang hujan. Kali ini aku mengerti. Bahwasanya hujan memang benar-benar enggan. Beberapa musim yang kulihat hanyalah cahaya. Dan aku masih menyukainya. Mungkin beberapa terakhir ini masih akan kunikmati purnama. Mungkin mataku masih lekat dengan cahayanya. Dan mungkin hatiku masih terpikat dengan purnama bertaburan.

Just comment, and I will comment you back...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s