Maaf Untuk Manusia

Berjejal rasa bersalah memang tak akan sirna dengan permintaan maaf. Meminta maaf adalah hal yang mulia apalagi memaafkan. Ironis, manusia sekarang sudah bukan seperti manusia, banyak dari mereka serupa binatang. Ketika kau bersungguh-sungguh meminta maaf karena kesalahan yang tak sengaja kau berbuat, dan sudah pasti mereka yang akan bilang “Ya, saya maafkan”  tak serta merta memaafkanmu. Itu sudah pasti.

Tak bermaksud berburuk sangka, tapi itulah kenyataannya. Kau akan dibunuh secara perlahan oleh maafmu sendiri, karena mereka serigala. Kau pikir mereka domba? Tidak, kau salah. Mereka serigala cantik yang liar juga ganas. Sumpah serapah, cibiran, masa kelammu pun akan dikoyak oleh mereka dan dibagi-bagikan gratis untuk kawanannya. Bahkan mereka yang awalnya tak ingin memangsamu akan berubah menjadi kanibal yang ganas dan akan turut mengoyak dadamu. Pantaskah? Hanya karena kau minta maaf kau akan dikebiri, dikuliti, dan dikoyak sedemikian anjing memburu ayam? Dan kau akan bertahan dengan kesakitan yang mereka buat setiap hari, setiap jam, bahkan setiap detik? Gila, benar-benar gila.

Aku tak suka minta maaf pada binatang. Bagiku, seseorang yang sudah kumintai maaf setulus hati dan masih mengungkit-ungkit kesalahanku, bahkan dengan sengaja memutuskan tali silaturahmi denganku, mereka bukan manusia. Karena manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, mereka tak luput dari kesalahan, namun mereka pun berhak dimaafkan dan meminta maaf dengan tulus. Bagi mereka yang tidak seperti itu, mereka adalah binatang: anjing, babi, kucing, atau apapun. Karena Tuhan pun bisa memaafkan umatNya, mengapa sesama umat tidak memaafkan sesamanya? Mau dikatakan binatang? Aneh!

*Ternyata kata maaf benar-benar hanya berlaku untuk manusia saja…

One thought on “Maaf Untuk Manusia

Just comment, and I will comment you back...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s